Salam scooterist masbro...pada kesempatan yang baik ini Vespaholic akan memberikan informasi sebuah motor Vespa Classic yang saat ini keberadaannya sudah semakin jarang ditemukan, apalagi dalam keadaan yang sangat oroginal. Itulah Vespa Sprint dan Vespa Sprint Veloce yang diproduksi oleh perusahaan motor asal Italy Piaggio mulai tahun 1965 sampai 1976.
Kedua scooter bermesin 2
tak 150 cc ini memiliki spesifikasi yang berbeda baik dari segi bodi
maupun mesinnya. Vespa Sprint hadir sebagai model awal dari tahun 1965
sampai dengan tahun 1974, sedangkan Vespa Sprint Veloce mulai dibuat
sebagai model keduanya pada tahun 1969 hingga 1976. Untuk mengetahui
perbedaan kedua model Vespa tersebut mari kita simak spesifikasi dari
masing-masing Vespa Sprint ini.
Vespa Sprint (1965-1974)
Vespa Sprint generasi
awal ini memiliki kode rangka bodi yang sama dengan model Sprint Veloce
yaitu VLB1T. Sekilas tubuh Vespa Sprint ini tidak berbeda jauh dengan
Vespa 150 Super yang diproduksi antara tahun 1965-1979 dengan kode frame
VBC1T, bentuk lampu depan sudah semi kotak dan tebeng kedua sampingnya
juga sudah ramping, namun yang jelas terlihat pada Vespa Sprint yaitu
telah menggunakan roda yang berukuran 10 inchi lebih besar dari Vespa
Super yang hanya memiliki roda berukuran 8 inchi. Untuk mengetahui
dalaman mesin dan bodi Vespa Sprint generasi pertama ini secara detil
berikut kami sajikan spesifikasi teknis dari motor Vespa yang satu ini:
- Mesin : 2-stroke Silinder Tunggal, Berpendingin Udara
- Barrel : 2 Transfer Port
- Induksi : Disc Valve
- Bore : 57 mm
- Stroke : 57 mm
- Kapasitas Mesin : 145.5 cc
- Rasio Kompresi : 7,5 : 1
- Daya Maksimal (Bhp pada Rpm) : 7.1 hp @ 5000 Rpm
- Pelumasan : 2% (USA autolube)
- Transmisi : 4 Kecepatan jala konstan
- Drive utama : 22 clutch - poros input 67
- Rasio Gigi :
Gigi 2 : 10.28 : 1
Gigi 3 : 7.36 : 1
Gigi 4 : 5.36 : 1
- Tipe Kopling : Multiplate Basah
- Pelumasan : 2%
- Karburator : Dell'Orto SI 20 / 17D
- Main Jet : 102
- Slow running Jet : 42
- Diffuser : E1
- Main Air Bleed : 140
- Throttle Valve : No 0
- Starter Jet : 60
- Pengapian : Kontak Pemutus & Koil
- Waktu Pengapian : 22 deg. BTDC
- Breaker Gap : 0,3-0,5 mm
- Tegangan : 6 volt
- Max Output Stator : 6V - 50W
- Ukuran Velg Roda : 10 inchi
- Ukuran Ban : 3.50 x 10
- Kecepatan Maksimal : 62 mil/jam
Vespa Sprint Veloce (1969-1976)
Vespa Sprint Veloce
atau yang tertulis di emblem-nya Vespa sprint V. tepat diatas lampu
belakangnya memiliki bentuk lampu depan yang bulat dan berukuran lebih
besar dari Vespa Super VBB tahun 1960 - 1962 atau Vespa Kongo. Veloce
juga memiliki spesifikasi mesin yang telah mengalami peningkatan
performa seperti misalnya bagian barrel-nya yang telah memiliki 3 lubang
transfer port sehingga rasio kompresinya meningkat menjadi 7,7 : 1 dan
tenaga maksimumnya pun naik menjadi 7,7 tenaga kuda pada putaran 5.200
Rpm.
- Mesin : 2 Tak Silinder Tunggal, Berpendingin Udara
- Barrel : 3 Transfer Port
- Induksi : Disc Valve
- Bore : 57 mm
- Stroke : 57 mm
- Kapasitas Mesin : 145.5 cc
- Rasio Kompresi : 7.7: 1
- Tenaga Maksimum (Bhp pada Rpm) : 7,7 @ 5200
- Pelumasan : 2% (USA autolube)
- Sistem Transmisi : 4 kecepatan jala konstan
- Rasio Gigi :
Gigi 1 : 14,46: 1
Gigi 2 : 10.28: 1
Gigi 3 : 7.36: 1
Gigi 4 : 5.36: 1
- Type Kopling : basah - multiplate
- Karburator : Dell'Orto SI 20 / 20D
- Pengapian : kontak pemutus & koil
- Waktu Pengapian : 22 deg. BTDC
- Breaker Gap : 0,3-0,5 mm
- Tegangan : 6 volt
Setelah mengetahui spesifikasi kedua model Vespa Sprint diatas terlihat
jelas bahwa perubahan besar pada Sprint Veloce adalah pada bagian
mesinnya. Desain diubah dari desain dengan model dua port dengan
penambahan port ketiga di bagian ujung atas yang menyebabkan
meningkatnya rasio kompresi.
Awalnya model ini mempunyai kekurangan karena tidak memiliki lampu sein,
namun semua model Sprint Veloce yang diimpor oleh Amerika Serikat
setelah tahun 1973 telah mengalami penambahan lampu untuk tanda berbelok
tersebut sebagai perlengkapan standar untuk memenuhi peraturan negara
Amerika. Platform Vespa Sprint
ini juga dipakai oleh perusahaan motor scooter di India yaitu Bajaj
Auto Company untuk model produknya yaitu Bajaj Chetak, yang sukses
mengalami penjualan hingga jutaan unit ke seluruh dunia sebagai
kloningan Vespa Sprint. Sehingga saat ini beberapa spareparts
barunya masih banyak tersedia di pasaran dan banyak dicari oleh mereka
yang sedang memerlukan onderdil untuk merestorasi Vespa Sprint-nya.
Baca juga Spesifikasi dan Harga Vespa Excel 150 Bekas, terima kasih semoga bermanfaat ;)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar